Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, Dan Biaya Distribusi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021)

Authors

  • Mitha Nur irmasari Departemen Akuntansi Universitas Brawijaya
  • Putu Prima Wulandari Universitas Brawijaya

Keywords:

Firm value, Production Costs, Promotion Costs, Distribution Costs

Abstract

This study aims to determine the effect of production costs, promotion costs, and distribution costs on the firm value of the consumer non-cyclical companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX). This sector is selected as the composite stock price index and the movement of the primary consumer sectoral index have continuously declined since 2019. The population includes 117 companies from which 26 sample companies are selected through purposive sampling and analyzed by multiple linear regression with the selected panel data regression model: the random effect model. The test results exhibit that, between 2019 and 2021, production costs can increase company value because consumer non-cyclical companies utilize the mass production process or produce on a large scale in a short time, thus, requires large costs; as a result, it can increase the company's sales. However, promotion costs and distribution costs have no effect on firm value which is related to brand awareness, an organized distribution network, and supported by sophisticated technology such as Nielsen technology and the SAP system (System Application and Product).

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh biaya produksi, biaya promosi, dan biaya distribusi terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor consumer non-cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Peneliti memilih sektor ini sehubungan dengan indeks harga saham gabungan dan pergerakan indeks sektoral konsumen primer yang terus menurun sejak tahun 2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 117 perusahaan dan jumlah sampel sebanyak 26 perusahaaan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan model regresi data panel yang terpilih yaitu random effect model. Hasil pengujian menunjukkan bahwa selama tahun 2019 – 2021 biaya produksi dapat meningkatkan nilai perusahaan, hal ini dikarenakan pada perusahaan sektor konsumen primer proses produksi menggunakan tipe mass atau memproduksi dalam skala besar dan dalam waktu singkat sehingga membutuhkan biaya yang besar. Jumlah produksi yang tinggi dapat meningkatkan penjualan perusahaan. Sedangkan untuk variabel biaya promosi dan biaya distribusi tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, hal ini berkaitan dengan brand awareness, jaringan distribusi yang teratur, serta didukung dengan teknologi yang canggih seperti teknologi nielsen dan sistem SAP (System Application and Product).

References

Adryanti, A. F. (2019). Pengaruh pilihan metode manajemen laba akrual dan riil terhadap kinerja Keuangan perusahaan sektor manufaktur. Akurasi: Journal of Accounting and Finance Studies, 2(1), 47-62. http://dx.doi.org/10.29303/akurasi.v2i1.14

Edeling, A., & Fischer, M. (2016). Marketing’s impact on firm value: Generalizations from a meta-analysis. Journal of Marketing Research, 53(4), 515–534. https://doi.org/10.1509/jmr.14.0046

Ghozali, I., & Nasehudin, T. S. (2012). Metode penelitian kuantitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Grashuis, J., & Dary, S. (2019). Patented Innovation and Firm Value in the U.S. Food and Drink Industry: The Economic Importance of High-Quality Product Innovation. Journal of Agricultural and Food Industrial Organization, 17(2). https://doi.org/10.1515/jafio-2017-0002

Gujarati, D. N., & Porter, D. C. (2012). Dasar-dasar ekonometrika. (Edisi 5). Jakarta: Salemba Empat.

Jensen, M. C., & Meckling, W. H. (1976). Theory of the firm: Managerial behavior, agency costs and ownership structure. Journal of financial economics, 3(4), 305-360.

Jouida, S. B., Guajardo, M., Klibi, W., & Krichen, S. (2021). Profit maximizing coalitions with shared capacities in distribution networks. European Journal of Operational Research, 288(2), 480-495. https://doi.org/10.1016/j.ejor.2020.06.005

Michalski, G. (2013). Planning optimal from the firm value creation perspective levels of operating cash investments. arXiv preprint arXiv:1301.3824

Riana, I., Dhiana Paramita, P., Santoso, E. B., Jurusan, M., Fakultas, A., Universitas, E., Semarang, P., Jurusan, D., Dosen, ), & Fakultas, J. A. (n.d.). PENGARUH BIAYA PRODUKSI DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN NILAI PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Perusahaan Industri Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)9HAL.

Sa’diyah, S., & Hermanto, S. B. (2017). Pengaruh Manajemen Laba Akrual dan Manajemen Laba Riil terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 6(9).

Siregar, B., & Suripto, B. (2016). Akuntansi Biaya (22nd ed.). Salemba Empat.

Wahyudi, U., & Pawestri, H. (2006). Implikasi Struktur Kepemilikan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Keputusan Keuangan Sebagai Variabel Intervening. Simposium Nasional Akuntansi (SNA).

Yang, S., Liu, Y., & Wu, X. (2021). 1 + 1 < 2! Effects of Social Media Engagement and Advertising on Firm Value of Tourism and Hospitality Companies. Journal of Hospitality and Tourism Research, 45(8), 1417–1439. https://doi.org/10.1177/10963480211015361

Published

2023-12-12

How to Cite

irmasari, M. N., & Wulandari, P. P. (2023). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, Dan Biaya Distribusi Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Sektor Consumer Non-Cyclicals Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2019-2021). Reviu Akuntansi, Keuangan, Dan Sistem Informasi, 3(4), 907–916. Retrieved from https://reaksi.ub.ac.id/index.php/reaksi/article/view/295