STRATEGI PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK DENGAN MENERAPKAN NILAI KEYAKINAN DAN KEKELUARGAAN DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS PADA UMKM KERUPUK BAWANG JM, DESA PAKISAJI, KABUPATEN MALANG)

Authors

  • Yunita Nur Maulidah Rohmah Universitas Brawijaya
  • Iwan Triyuwono Brawijaya University

Keywords:

Pricing Strategy, , MSME, Determination Value, Kinship Value, Covid-19 Pandemic

Abstract

Abstract: This study aims to analyze the strategy of determining the product pricing strategy by implementing the values of determination and kinship by the MSME of Kerupuk Bawang JM in Pakisaji Village, Malang Regency as an endeavor to survive during the pandemic. This study employs a descriptive qualitative approach to present an accurate description of the actual conditions. The results of the study indicated that Kerupuk Bawang JM applied the going-rate pricing method by setting the price lower than that of the market considering the production costs. To deal with the Covid-19 pandemic situation worsened by the increasing ingredient prices, implementing the strategy of unchanged pricing and maintaining taste quality prevailed. To compromise on the increasing ingredient price, Kerupuk Bawang JM applied shrinkflation strategy, which reduced the packaging size to cover the escalating production costs. In addition to considering cost and market in implementing a pricing strategy, Kerupuk Bawang JM also took into account values of determination and kinship as the principles and guidelines in making business decisions.

References

Amaliah, T. H., & Sugianto, S. (2018). Konsep Harga Jual Betawian dalam Bingkai Si Pitung. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 9(1), 20-37. Diakses dari https://jamal.ub.ac.id/index.php/ja mal/article/view/793/pdf

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Ariani, A., & Utomo, M. N. (2017). Kajian Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Kota Tarakan. Jurnal Organisasi dan Manajemen, 13(2), 99-118. Diakses dari http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jom/article/view/55/44

Arianto, B. (2020). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), pp.233-247. Diakses dari http://www.jurnal.plb.ac.id/index.php/atrabis/article/view/512/336

Dinas Koperasi dan UKM. (2020). Satu Data Dinas Koperasi dan UMKM. Diakses dari https://data.diskopukm.jatimprov. go.id/satu_data/

Febriyanto, D. P., Soegiono, L., & Kristanto,

A. B. (2019). Pemanfaatan Informasi Keuangan dan Akses Pembiayaan Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 9(2). Diakses dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index. php/JJA/article/view/21010/13119

Infoka.id. (2022). Satgas Pangan: Minyak Goreng Langka dan Mahal karena Ulah Spekulan. Diakses dari

https://infoka.id/satgas-pangan- minyak-goreng-langka-dan-mahal- karena-ulah-spekulan/

Islami, N. W., Supanto, F., & Soeroyo, A. (2021). Peran pemerintah Daerah Dalam Mengembangkan UMKM Yang Terdampak Covid-19. Karta Rahardja: Jurnal Pembangunan dan Inovasi, 3(1), 45-57 Diakses dari https://ejurnal.malangkab.go.id/ind ex.php/kr/article/view/44/23

Kusumawarti, S. (2018). Relasi Sosial Berbasis Kekeluargaan dalam Perusahaan (Studi tentang Hubungan Sosial di Tempat Kerja sebagai Budaya Organisasi) (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga). Diakses dari https://repository.unair.ac.id/80325/3/JURNAL_TSO.04%2018%20Kus%20r.pdf

Liberto, Daniel. (2021). Shrinkflation. Diakses dari website Investopedia : https://www.investopedia.com/ter ms/s/shrinkflation.asp

Olivia, H. (2020). Penerapan Activity Based Costing Sebagai Dasar Penentuan Harga Jual Produk UMKM. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 1(4), 182-185. Diakses dari http://ejurnal.seminar- id.com/index.php/tin/article/view/4 64/295

Pakpahan, A. K. (2020). Covid-19 Dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59-64. Diakses dari https://journal.unpar.ac.id/index.ph p/JurnalIlmiahHubunganInternasio na/article/view/3870/2903

Prawira, M. T. (2021). Penerapan Target Costing Dalam Menentukan Harga Jual Guna Meningkatkan Laba Pada Masa Pandemi Covid-19: Studi Pada UMKM Nasi Kuning Nyamanna Khas Sulawesi. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Diakses dari http://etheses.uin- malang.ac.id/33625/1/17520034.p df

Prayogo, D. and Sukim, S. (2021). Determinan Daya Beli Masyarakat Indonesia Selama Pandemi Covid-19 Tahun 2020. In Seminar Nasional Official Statistics (Vol. 2021, No. 1, pp. 631-640). Diakses dari https://prosiding.stis.ac.id/index.php/s emnasoffstat/article/view/987/286

Soetjipto, N. (2020). Ketahanan UMKM Jawa Timur melintasi pandemi Covid-19. Diakses dari http://repository.stieyapan.ac.id/id/epr int/73/1/Ketahanan%20UMKM%20J awa%20Timur%20melintasi%20Pand emi%20Covid%2019_HM.%20Noer%20Soetjipto.pdf

Susanto, I. (2016). Solusi Pengembangan UMKM Melalui Ontologi. In Performance Vol. 23, No. 1. Diakses dari http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/P erformance/article/view/903

Syadzali, M.M. (2020). Model Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Ekonomi Lokal (Studi pada UKM Pembuat Kopi Muria). Syntax, 2(5). Diakses dari https://jurnal.syntax- idea.co.id/index.php/syntax- idea/article/view/255/295

Tjiptono, Fandy, (2008). Strategi Pemasaran, Yogyakarta: Penerbit Andi.

Uno, O. O., Kalangi, L., & Pusung, R. J. (2019). Analisis Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah (SAK EMKM) pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Studi Kasus pada Rumah Karawo di Kota Gorontalo). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(3). Diakses https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/24891/24595

Wati, A. Z. (2013). Strategi Penetapan Harga Bisnis Sale Pisang Pada Ud. Pandan Arum Rogojampi-Banyuwangi. Diakses dari https://repository.unej.ac.id/bitstream/ handle/123456789/18872/Auliana%2 0Zakaria%20Wati_1.pdf?sequence=1 &isAllowed=y

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

Rohmah, Y. N. M., & Triyuwono , I. . (2022). STRATEGI PENETAPAN HARGA JUAL PRODUK DENGAN MENERAPKAN NILAI KEYAKINAN DAN KEKELUARGAAN DI MASA PANDEMI (STUDI KASUS PADA UMKM KERUPUK BAWANG JM, DESA PAKISAJI, KABUPATEN MALANG). Reviu Akuntansi, Keuangan, Dan Sistem Informasi, 1(2), 87–99. Retrieved from https://reaksi.ub.ac.id/index.php/reaksi/article/view/27