Membangun Bisnis Berkelanjutan Dengan Perspektif Pentuple Bottom Line Menggunakan Aplikasi Pegadaian Digital Service (Pds)

Authors

  • Dwi Cicilia Lingwits Purnomosidi Universitas Brawijaya
  • Eko Ganis Sukoharsono Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/reaksi.2022.1.1.14

Keywords:

Sustainable Business, Pentuple Bottom Line, Pegadaian Digital Service

Abstract

This study aims to analyze the use of the Pegadaian Digital Service (PDS) system with sustainable business through a pentuple bottom line perspective involving the object of the survey PT Pegadaian, Malang City. This study employs a qualitative descriptive approach and analyzes the data from interview data collection, documentation, and observations of the Pegadaian Digital Service (PDS) application. The study's results revealed that using the PDS application system in the community still posed a major challenge for PT Pegadaian due to the lack of socialization. However, the PDS application is still compatible with the pentuple bottom line, effectively implementing this sustainable business through a pentuple bottom line perspective.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan sistem Pegadaian Digital Service (PDS) dengan bisnis berkelanjutan melalui perspektif pentuple bottom line. Objek penelitian ini adalah PT Pegadaian di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Analisis penelitian menggunakan pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan observasi mengenai aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS). Hasil penelitian menjelaskan bahwa penggunaan sistem aplikasi PDS di masyarakat masih menjadi masalah terbesar untuk PT Pegadaian, karena kurangnya sosialisasi. Akan tetapi, meskipun ada faktor penghambat tetap ada kesesuaian aplikasi PDS dengan pentuple bottom line. Adanya bisnis berkelanjutan dengan perspektif pentuple bottom line menggunakan aplikasi pegadaian digital service implementasi nya berjalan dengan baik.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Creswell, J. W. (2016). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Elvira, J. G. (2018). Analisis Penerapan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android Si Apik untuk Memenuhi Kebutuhan Sistem Informasi Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Menengan. Diakses dari http://repository.usd.ac.id/31030/2/142114048_full.pdf

Fazizah, A., Sukoharsono, E. G., & Kertahadi. (2016). Analisis Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Logistik (SIL) Untuk Perencanaan, Pelaporan, dan Pengendalian Berbasis Web dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja dan Kepuasan Pengguna. Jurnal Administrasi Bisnis, 10(2), 15-19. Diakses dari https://ijabs.ub.ac.id/index.php/ijabs/article/view/407

Hall, J. A. (2009). Accounting Information Systems. Jakarta: Salemba Empat.

Hasibuan, Malayu S. P. (1984). Dasar Pengertian dan Masalah Manajemen.

Herawati, L., Hayati, R. (2020). Efektivitas Penerapan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) Di Desa Tantaringin Kecamatan Muara Harus Kabupaten Tabalog. JAPB, 3(2), 864-867. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/408987-efektifitas-penerapan-aplikasi-sistem-ke-88dfb904.pdf

Indrawati, H., Sukoharsono, E. G., & Handayani, S. R. (2015). Effect of Quality Information, Quality System and Quality Service to Customer Service Online E-Ticket In Pt. BRTAV Connection Malang. IOSR-JBM, 17(4), 47-48. Diakses dari https://www.semanticscholar.org/paper/Effect-of-Quality-Information%2C-Quality-System-and-E-Schwake-Sukoharsono/ab0c1eca35b03b49f06b36edf4238d055894ed0c

Layaman & Novi (2017), “Analisis Penggunaan Teknologi Informasi serta Dampaknya pada Kepuasan Nasabah Bank Jabar Banten Syariah Cirebon”, Al Amwal : Volume 9 Nomor 1, 2017.

Maharani, S. N. (2014). Sustainability Reporting Sebagai Media Perusahaan Dalam Mengembangkan dan Melaporkan Kebijakan Bisnis Berkelanjutan. Modernisasi, 10(1), 18-21. Diakses dari https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JEKO/article/view/770

Mala, I. K. (2021). E-Government : Efektivitas Pelayanan Aplikasi Pegadaian Digital Service Syariah Di Cabang Malang. Jurnal At-Tamwil, 3(2), 159-165. Diakses dari https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/perbankan/article/view/1964

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Mulyadi. (2018). Sistem Akuntansi. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Naheb, O. A., Sukoharsono, E. G., & Baridwan., Z. (2017). The Influence Of Critical Factors On The Behavior Intention To Computerized Accounting System (CAS) In Cemen Manufactures In Libya. The International Journal Of Accounting and Business Society, 25(1), 51-55. Diakses dari https://ijabs.ub.ac.id/index.php/ijabs/article/view/337/246

Nainggolan, E. R., Asymar, H. H., Hidayah, S., & Lase, M. (2019). Manajemen Kas Berbasis Android Untuk Membantu Pelaku Usaha Kecil dan Menengah. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 8(1), 12-17. Diakses dari https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/1154

Priyanto, & Sukoharsono., E. G. (2014). Faktor Determinan Minat Individu Menggunakan Sistem Informasi Berbasis Internet Banking. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB UB, 3(1), 13-14. Diakes dari https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/1588

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis (edisi 6). Jakarta: Salemba Empat.

Sudana, I. P., Sukoharsono, E. G., Ludigdo. U., & Irianto, G. (2014). A Philosophical Thought on Sustainability Accounting. Research Journal of Finance and Accounting, 5(9), 7-8. Diakses dari https://www.iiste.org/Journals/index.php/RJFA/article/view/13031/13418

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.

Sukoharsono, E. G. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Malang: Penerbit Surya Pena Gemilang.

Sukoharsono, E. G. (2018). Strategies to Improve the Sustainability in Promoting Transparency, Accountability and Anti-Corruption : An Imaginary Dialogue. The International Journal of Accounting and Business Society, 26(1), 40-51. Diakses dari https://ijabs.ub.ac.id/index.php/ijabs/article/view/366

Sukoharsono, E G. (2019). Sustaining A Substainability Report By Modifying Triple Bottom Line to Pentuple Bottom Line : An Imaginary Research Dialogue. The International Journal of Accounting And Business Society, 27(1), 120-126. Diakes dari https://ijabs.ub.ac.id/index.php/ijabs/article/view/407

Sukoharsono, E. G., & Andayani, W. (2021). Akuntansi Keberlanjutan. Malang: UB Press.

Ulupui, I. G. K. A., Gurendrawati, E., Zahra, S. F., Pahala, I., & Murdayani, Y. (2021). Peningkatan Kompetensi Akuntansi Melalui Aplikasi Persediaan Google Playstore “Catatan Keuangan Koperasi” dan Aplikasi Ms Excel. Jurnal Abdi Insani Universitas Mataram, 8(2), 228-234. Diakses dari https://www.neliti.com/publications/354594/microlearning-koperasi-dan-umkm-peningkatan-kompetensi-akuntansi-melalui-aplikas

Wibisono, Y. (2007). Membedah Konsep & Aplikasi CSR (corporate Social Responsibility). Jakarta: PT Gramedia.

Downloads

Published

2022-01-01

How to Cite

Purnomosidi, D. C. L., & Sukoharsono, E. G. (2022). Membangun Bisnis Berkelanjutan Dengan Perspektif Pentuple Bottom Line Menggunakan Aplikasi Pegadaian Digital Service (Pds). Reviu Akuntansi, Keuangan, Dan Sistem Informasi, 1(1), 143–153. https://doi.org/10.21776/reaksi.2022.1.1.14